Burung Pelatuk


Publish On : 10-09-2015

lembah hijau

Siapa yang suka nonton Film Kartun Woody Woodpecker? 
Kisah yang menggambarkan seekor Burung yang bersuara nyaring dan nakal...
Ya...itu adalah seekor Burung Pelatuk.

Di seluruh dunia terdapat 218 spesies burung pelatuk.

Salah satunya adalah Pelatuk besi (Dinopium javanense) merupakan burung pelatuk yang umum ditemukan di hampir semua wilayah Indonesia seperti Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, serta pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Pelatuk memiliki jari-jari kaki yang berbeda dari burung petengger lainnya, yaitu dua jari menghadap ke depan dan dua jari lagi menghadap ke belakang. Bentuk jari-jari kaki inilah yang membantunya saat merambat pada batang pohon secara vertikal.

Burung pelatuk besi biasa ditemukan di hutan-hutan pada dataran rendah agak terbuka dan lahan pertanian. Mereka hidup berpasangan, dan saling memanggil secara teratur dengan berbagai suara kicauan yang terdiri atas suara panggilan (call), lagu / kicauan (song), dan thrill (suara tembakan).

Makanan utamanya berupa serangga seperti semut, kalajengking kecil, ulat, larva, dan serangga kecil lainnya. Sebagaimana spesies pelatuk lainnya, pelatuk besi akan bersarang dalam sebuah lubang pohon yang tinggi, di daerah terbuka, misalnya tanaman buah dan pohon kelapa.

Bagi anda yang berkunjung ke Taman Satwa Lembah Hijau jangan lupa melihat burung ini di Kandang Kubah - Taman Burung, Taman Satwa Lembah Hijau.
‪#‎WisataSambilBelajar‬

‪#‎SelamatPagiSobatSatwa‬
‪#‎SelamatBeraktivitas‬
‪#‎SalamLestari‬

Gallery Lembah Hijau