Menteri LHK Serahkan Dua Orangutan ke Lembah Hijau


Publish On : 16-04-2016

lembah hijau BANDAR LAMPUNG -- Taman Satwa Lembah Hijau menerima titipan sepasang orangutan Kalimantan hasil rapatriasi dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar, di Taman Safari, Indonesia, Cisarua, Bogor, Sabtu (11/6/2016). Sepasang orang utan itu yakni Medan dengan jenis kelamin jantan berumur 13 tahun dan Cemara (betina) berumur 10 tahun.
Penyerahan satwa langka tersebut dilakukan langsung Menteri LHK kepada Komisaris Utama Taman Satwa Lembah Hijau, M.Irwan Nasution. Hadir dalam kegiatan itu di antaranya pejabat dan staf ahli menteri, Ketua Umum Persatuan Kebun Bintang Seluruh Indonesia (PKBSI) Rahmat Shah, serta sejumlah Lembaga Konservasi (LK), LSM dan masyarakat.
Irwan mengatakan penitipan sepasang orangutan itu bertepatan dengan peringatan Hari Pekan Lingkungan Hidup Internasional Tahun 2016. "Kami gembira dan menyambut baik adanya kepercayaan dari Bu Menteri yang menitipkan sepasang orangutan di Lembah Hijau," kata Irwan, melalui telepon, kemarin.
Irwan mengaku akan melakukan upaya-upaya maksimal agar sepasang orangutan itu nantinya dapat berkembang biak dengan baik di Lembah Hijau sehingga populasinya dapat terus bertambah. "Mudah-mudahan, orangutan ini bisa cepat beradaptasi di Lembah Hijau," ujar anggota PKBSI pusat bidang organisasi tersebut.
Ia menambahkan usia orangutan yang dititipkan di Lembah Hijau tersebut termasuk masih dalam kategori produktif sehingga diharapkan nantinya bisa berkembang biak dengan baik.

Koleksi Gajah
Selain telah menambah koleksi orangutan, Irwan mengaku saat ini sedang mengupayakan mendatangkan empat ekor gajah ke Lembah Hijau. Sarana dan prasarana seperti kandang satwa tersebut pun telah disiapkan. "Rencana kita juga akan menambah koleksi gajah. Ada empat ekor dari Way Kambas. Saat ini sedang dalam proses administrasi," ujarnya.
Menurut dia, danya penambahan sejumlah koleksi satwa di Lembah Hijau tidak terlepas dari dukungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. "Mudah-mudahan untuk gajah juga bisa segera didatangkan. Selain menambah koleksi, adanya satwa-satwa tersebut juga untuk pengembang biakan, edukasi, konservasi dan tentunya pariwisata," kata dia.
Irwan menambahkan Lembah Hijau juga akan mendatangkan spesies satwa-satwa lainnya dan kini tengah menjajaki kerja sama antar LK dengan Maharani Zoo, Lamongan, Jawa Timur. 

[Sumber: http://lampost.co/berita/menteri-lhk-serahkan-dua-orangutan-ke-lembah-hijau]

Gallery Lembah Hijau